Skip to main content
Jumat, 18 April 2014

Alfa Romeo Vittorio Jano

Metogaya-Vittorio Jano (Hungaria : Janos Viktor, 22 April 1891 - 13 Maret 1965) adalah seorang desainer mobil asal Italia keturunan Hungaria. Memulai karirnya dibidang mobil dan truk yang dimiliki oleh perusahaan Rapid GB Ceirano. Pada tahun 1911 ia pindah ke Fiat mobil dibawah arahan Luigi Bazzi. Dia kemudian berpindah untuk Alfa Romeo tahun 1923 dan merancang Alfa Romeo P2.

Alfa Romeo P2 sangat terkenal, karena merupakan pemenang lomba pada Grand Prix Perancis dengan pembalap Giuseppe Campari, namun setahun berikutnya telah membunuh pembalap Antonio Ascari dalam perlombaan yang sama. Alfa kemudian menolak pembalap mereka untuk mengemudikannya lagi, tetapi Enzo Ferrari akhirnya mengambil alih Alfa Romeo P2 pada lomba tahun 1930-an. Seperti Enzo Ferrari yang meninggal karena bunuh diri, Jano mengikuti jejak ferrari dan akhirnya tewas bunuh diri di Turin pada tahun 1965.

Dari sejarah itulah, akhirnya dalam waktu dekat ini MPcardesign Italia akan melahirkan kembali Alfa Romeo Vittorio Jano, sebuah desain mobil yang menghasilkan sedan lima pintu. Desain mengambil arah yang berbeda dibandingkan dengan merek model terbaru yang berasal dari Competizione 8C.

Unsur-unsur ini meliputi pinggiran pada body depan yang menggunakan model lencana berbentuk V, permukaan yang cembung yang tidak memiliki pinggiran yang tajam, masih dengan ukuran Vittorio Jano dengan panjang 4.650 mm, lebar 1.830 mm dan 1.400 mm tinggi.

Alfa Romeo telah mempublikasikan rencananya untuk menyiapkan pengganti model sedan 159. Sampai saat ini, MPcardesign Italia telah melakukan sebuah studi konsep baru yang diyakini merupakan sebuah usaha dalam recycle Alfa Romeo Vittorio Jano untuk model masa depan. (yc/autoblackthrough).