Skip to main content
Rabu, 23 April 2014

Bruce Lee Meninggal Dunia

Metrogaya - Aktor dan ahli seni bela diri, Bruce Lee pada hari ini tahun 1973 lalu meninggal di Los Angeles di usia 32 tahun. Edema otak yang disebabkan reaksi terhadap resep obat penghilang rasa sakit jadi dugaan penyebab kematiannya.

Jun Fan (Bruce) Lee lahir pada 27 November 1940, di San Francisco, California. Pada saat itu ayahnya, seorang bintang opera Cina, sedang tur di Amerika Serikat. Keluarga itu pindah kembali ke Hong Kong pada 1941. Tumbuh besar, Lee menjadi aktor anak yang muncul di sekitar 20 film Cina, ia juga belajar menari dan berlatih di gaya gung fu Wing Chun (juga dikenal sebagai "kung fu").

Pada 1959, Lee kembali ke Amerika, di mana ia akhirnya kuliah di University of Washington dan membuka sebuah sekolah bela diri di Seattle. Pada 1964, Lee menikah dengan Linda Emery, yang pada 1965 melahirkan Brandon Lee, anak pertama dari dua orang anak pasangan itu.

Dengan tinggi badan 5 ½ kaki, dengan berat 135 pon, Lee menciptakan seni beladiri JKD (jeet kune do) yang di dapat dari penelitiannya berdasarkan ilmu fisika Newton dan teknik serta prinsip olah raga anggar Eropa dan tinju ala Barat.

Prinsip seni bela diri ini adalah menahan serangan kepalan tangan atau kaki. Gerakannya sangat cepat, sehingga dalam film-filmnya para editor harus memperlambat film agar semua penonton dapat melihat gerakan-gerakan Bruce Lee. (hd/mediaindonesia.com)