Skip to main content
Kamis, 17 April 2014

Papan Reklame Dengan Tenaga Surya

Metrogaya-Produsen elektronik Sharp mengeluarkan produk teranyarnya, solar cell Photovoltaic, sebuah produk pembangkit energi yang dapat menghasilkan listrik dari tenaga surya.

Panel PhotovoltaicPanel surya Photovoltaic dapat dimanfaatkan untuk menyalakan papan reklame tanpa menggunakan energi listrik.

Cukup menggunakan tenaga surya yang berfungsi sebagai sumber listrik, papan reklame bisa menyala.

Cara kerja alat ini dengan menggunakan Grid Connected panel sel surya Photovoltaic Sharp. Modul sel surya alat ini merubah energi surya menjadi arus listrik DC.

Arus listrik DC yang dihasilkan ini akan dialirkan melalui suatu inverter (pengatur tenaga) yang merubahnya menjadi arus listrik AC, dan juga dengan otomatis akan mengatur seluruh sistem.

Listrik AC akan didistribusikan melalui suatu panel disitribusi indoor yang akan mengalirkan listrik sesuai yang dibutuhkan peralatan listrik.

Besar dan biaya konsumsi listrik yang dipakai akan diukur oleh suatu Watt-Hour Meters.

Sebagai contoh penggunaan panel surya Photovoltaic bisa dilihat pada papan reklame Sharp yang ada di jalan MH Thamrin, Jakarta.

“Kedepannya Sharp berharap seluruh papan reklame di Indonesia menggunakan sistem panel surya sebagai pengganti energi listrik untuk menghemat energi,” kata Presiden Direktur PT SHARP Electronics Indonesia Fumihiro Irie, Selasa kemarin di Jakarta.(fz/tenagasurya)