Skip to main content
Sabtu, 19 April 2014

Rumus Memilih Bra

Metrogaya - Salah satu hal penting dalam merawat kesehatan dan keindahan payudara adalah memakai bra yang sesuai. Dengan penopang yang tepat, payudara Anda mendapatkan “rumah” yang nyaman untuk bergerak.

Bra atau BH (breast holder) sangat penting peranannya dalam menyokong payudara. Sebab, gaya gravitasi bumi akan menarik beban ke bawah sehingga semakin lama payudara turun dan kendur. Jadi, besar ataupun kecil, payudara tetap memerlukan sokongan dari bra.

Semestinya, bra yang baik berbahan lembut dan berukuran sesuai payudara agar bisa menopang payudara secara nyaman, sekaligus memerbaiki postur dan mengurangi ketidaknyamanan beban payudara, terutama pada wanita berpayudara besar. Bentuk bra mengikuti lekuk payudara dan lingkar dada wanita dengan berbagai ukurannya, baik dalam ukuran lingkar dada maupun mangkuk (cup).

Namun sayang, sebagian besar wanita (8 dari 10) menggunakan ukuran bra tidak sesuai dengan ukuran payudaranya. Apa pasal?

“Kemungkinan karena kebanyakan dari kita membeli bra dengan mencoba dan mengira-ngira ukuran. Padahal sebenarnya  kita perlu tahu ukuran bra yang paling sesuai, berdasarkan ukuran lingkar dada dan ukuran cup-nya. Tidak susah kok mengukurnya. Kita hanya perlu tali pengukur yang biasa digunakan untuk menjahit,” kata Sallika NS, jurnalis lulusan FKG UI lewat buku Serba-Serbi Kesehatan Perempuan.

Sallika yang pernah menjadi Pemimpin Redaksi Dommity, majalah bulanan FKG UI ini juga memberikan tip memilih bra yang tepat untuk menopang payudara Anda.

Mengukur lingkar dada
Letakkan kain pengukur tepat melingkari dada di bagian bawah payudara sehingga di dapat angka tertentu (dalam satuan inci). Untuk mendapatkan ukuran lingkar dada, tambahkan 5 inci pada ukuran yang telah didapat.

Misalkan pada pengukuran, ukuran Anda 27 inci, maka setelah ditambahkan 5 inci menjadi 32 inci. Berarti, ukuran lingkar dada bra yang sesuai adalah 32. Bila angka yang didapatkan setelah ditambah 5 inci ternyata ganjil, maka genapkan ke atas karena ukuran lingkar dada bra tersedia dalam ukuran genap. Misalkan ukuran lingkaran dada bra 33 inci, maka genapkan menjadi 34 inci.

Mengukur cup
Ukuran cup didapat dengan mengukur selisih antara ukuran lingkar dada bra (seperti rumusan di atas) dengan lingkar dada terbesar (ukuran lingkar dada paling menonjol dan berdiameter paling besar dari payudara, biasanya sejajar dengan puting). Sesuaikan selisih yang didapat dengan patokan ukuran cup bawah, misal lingkar dada bra 32 inci, dan lingkar dada terbesar Anda 34 inci, maka selisihnya 2 inci, dan cup yang sesuai adalah cup B.

Patokan menentukan cup bra, di antaranya selisih kurang dari satu inci adalah cup AA, selisih 1 inci adalah cup A, selisih 2 inci adalah cup B, selisih 3 inci adalah cup C, selisih 4 inci adalah cup D, dan selisih 5 inci adalah cup DD. (hd/okezone.com)